Jumat, 23 September 2011

Hal-hal yang tak terduga dalam membangun rumah

Disaat yang tidak terduga, di saat semua di pikir berjalan lancar dan sesuai rencana. Sesuatu besar terjadi dan membuat segalanya jadi berantakan. Itulah yang saya alami waktu berniat membangun rumah. Negosiasi dengan pihak kontraktor sudah 90% deal. Harga sudah Ok, design rumah sudah OK semua. Saat pengurusan IMB yang berbiaya 7.250.000,- dan sudah kami bayarkan DP sebesar 4 jt via kontraktor tesrsebut.  Tetapi disaat2 terakhir saat IMB tersebut hampir finish, terjadi sesuatu yang tak terduga, muncullah biaya siluman sebesar yang sama. Itu tidak masuk akal, karena kata kontraktor tsb untuk rumah tinggal hanya boleh 2 lantai kalau 3 lantai maka harus melakukan yang namanya "damai di bumi" alias sogokan. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan coba2 berpikir lagi, kami memutuskan untuk mencancel semuanya. Karena biaya yang keluar ini tidak mungkin cuma sampai di sini. Ini saja belum mulai pembangunan baru dalam tahap awal. Mungkin ini yang terbaik, karena Tuhan melihat kedepannya ada hal2 yang tidak baik.
Saat ini kami yang sudah mem-packing semua barang2 dan telah siap2 untuk pindah, akhirnya harus memulai lagi dari awal. Bukan membangun secara keseluruhan seperti keinginan kami dulu tetapi dengan hanya merenovasi rumah sehingga layak untuk di tinggali. Di mana atap rumah mau di ganti dengan baja ringan mengingat banyaknya hama rayap di sini.
Mudah-mudahan jalan ini di restui oleh Tuhan sehingga di lancarkan mulai dari negosiasi harga, pemilihan kontraktor sampai dengan proses akhirnya. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar